Tugas
RESUME
“TELENURSING”
Oleh :
AINUL INAYAH
70300115027
FAKULTAS KEDOKTERAN & ILMU KESEHATAN
UIN ALAUDDIN MAKASSAR
2016
1.
Latar Belakang
Diera perkembangan
zaman yang semakin maju dan cangih, berbagai upaya dilakukan untuk pemenuhan
kesehatan termasuk didalamnya yaitu komunikasi antar klien dangan tenaga medis
yang menangani problem-problem kesehatan.
Oleh sebab
itu, juga karena faktor ketenega kerjaan yang dituntut semakin
terdepan dan maju maka telenursing menjadi solusi yang tepat.
Telenursing adalah upaya penggunaan teknologi
informasi dalam memberikan pelayanan keperawatan dalam bagian pelayanan
kesehatan dimana ada jarak secara fisik yang jauh antara perawat dan pasien,
atau antara beberapa perawat.
2.
Kajian
literatur
A. Definisi telenursing
Telenursing
(pelayanan asuhan keperawatan jarak jauh) adalah penggunaan teknologi
komunikasi dalam keperawatan untuk memenuhi asuhan keperawatan kepada klien
yang menggunakan saluran elektromagnetik (gelombang magnetik, radio dan optik)
dalam menstransmisikan signal komunikasi suara, data dan video. Atau dapat pula
di definisikan sebagai komunikasi jarak jauh, menggunakan transmisi elektrik
dan optik, antar manusia dan atau komputer.
Telenursing
adalah informatika keperawatan mengintegrasikan ilmu keperawatan, komputer,
ilmu pengetahuan, dan ilmu informasi untuk mengelola dan mengkomunikasikan
data, informasi, dan pengetahuan dalam praktek keperawatan. Informatika
keperawatan memfasilitasi integrasi data, informasi, dan pengetahuan untuk
dukungan klien, perawat, dan penyedia lainnya dalam pengambilan keputusan
mereka dalam semua peran dan pengaturan.
B. Ciri-ciri telemedicine :
1.
Interaktif
2.
Biaya telekomunikasi
3.
Biaya teknologi
4.
Transmisi multimedia
5.
Response time
6.
Konsultan dapat mengumpulkan data riwayat dan pemeriksaan fisik pasien.
7.
Berakibat pada hubungan pasien-konsultan
8.
Berguna untuk pelayanan primer
9.
Menyenangkan atas pelayanan kesehatan
10.
Mudah dijadwalkan
11.
Perlu menyiapkan kebutuhan data bagi konsultan
12.
Menurunkan biaya tatap muka
C. Media telenursing
1.
Telepon ( telepon seluler )
2.
Personal Digital System (PDA)
3.
Mesin faksimili (faks)
4.
Internet
5.
Video atau audio conferencing
6.
Teleradiolog
7.
Komputer sistem informasi
8.
Teleborotic
D. Keuntungan telenursing :
1.
Mengurangi waktu tunggu dan mengurangi kunjungan yang tidak perlu.
2.
Mempersingkat hari rawatan dan mengurangi biaya perawatan
3.
Membantu memenuhi kenutuhan kesehatan
4.
Memudahkan akses petugas kesehatan yang berada di daerah yang terisolasi
5. Berguna dalam kasus-kasus kronis atau
kasus geriatik yang perlu perawatan di rumah dengan jarah yang jauh dari
pelayanan kesehatan.
6. Mendorong tenaga kesehatan atau
daerah yang kurang terlayani untuk mengakses penyedia layanan melalui mekanisme
seperti : konferensi video dan internet
E. Prinsip-prinsip telenursing
Prinsip-prinsip telenursing adalah :
tidak mengubah sifat dasar dari praktek asuahan keperawatan, dimana perawat
terlibat dalam telenursing mulai dari pengkajian, perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi dan dokumentasi asuhan keperawatan. Perawat juga terlibat dalam
informasi, pendidikan, arahan dan dukungan secara pribadi dalam telenursing
hubungan ditetapkan melalui penggunaan telepon, komputer, internet atau
teknologi komunikasi lainnya.
F. Kekurangan telenursing
Kekhawatiran dengan adanya telenursing ini adalah
tidak adanya interaksi langsung perawat dengan klien yang akan mengurangi
kualitas pelayanan kesehatan. Kekhawatiran ini muncul karena beranggapan kontak
langsung dengan pasien sangat penting terutama untuk dukungan emosional dan
sentuhan terapeutik. Sedangkan kekurangan lain dari telenursing ini adalah
kemungkinan kegagalan teknologi, meningkatkan risiko terhadap keamanan dan
kerahasiaann dokumen klien.
3.
Penerapan Telenursing
Telenursing dapat diterapkan di rumah,
rumah sakit melalui pusat telenursing dan melalui unit mobil. Telepon triase
dan home care berkembang sangat pesat dalam aplikasi telenursing. Di dalam home
care perawat menggunakan sistem monitor parameter fisiologi seperti tekanan
darah, glukosa darah, respirasi dan berat badan melalui internet. Melalui
sistem interaktif video, pasien contact on-call perawat setiap waktu untuk
menyusun video konsultasi ke alamat sesuai dengan masalah, sebagai contoh
bagaimana mengganti baju, memberikan injeksi insulin atau diskusi tentang sesak
nafas. Secara khusus sangat membantu untuk anak kecil dan dewasa dengan
penyakit kronik dan kelemahan khususnya dengan penyakit kardiopulmoner dan
persyarafan. Telenursing membantu pasien dan keluarga untuk berpartisipasi
aktif di dalam perawatan, khususnya dalam managemen penyakit kronis. Hal ini
juga mendorong perawat menyiapkan informasi yang akurat dan memberikan dukungan
secara online.
Pedoman praktek lainnya yang menggunakan
telenursing adalah :
1. Menyampaikan informasi penting klien
seperti data elektrokardiogram, CT Scan, foto rontgen, dsb.
2. Menggunakan video, komputer untuk
memantau kondisi kesehatan klien.
3. Memantau status kesehatan klien di
rumah sakit atau rumah misal, tekanan darah, nadi pernafasan, suhu dan
sebagainya.
4. Membantu wisatawan untuk mendapatkan
perawatan kesehatan di tempat tujuan mereka.
5. Membantu operasi klien dari jarak
jauh.
6. Menggunakan video konference untuk
menyediakan sesi pendidikan keperawatan berkelanjutan.
7. Mengembangkan website untuk
memberikan informasi kesehatan dan waktu konseling.
4. masalah dalam penerapan
telenursing di Indonesia
Pelaksanaan telenursing
di Indonesia masih belum berjalan dengan baik disebabkan oleh karena
keterbatasan sunberdaya manusia, keterbatasan sara dan prasarana serta
kurangnya dukungan pelaksanaan telenursing
dari pemerintah untuk mensiasati keterbatasan pelaksanaan telenursing bisa dimiliki oleh masyarakat tetapi masih belum banyak
dimanfaatkan untuk kepentingan pelayanan kesehatan atau pelayanan keperawatan. Telenursing menggunakan telepon ini
dapat diaplikasikan di unit gawat darurat dan home care.
Hal tersebut dikatakan telenursing jika perawat melakukan tindakan keperawatan untuk
memenuhi kebutuhan klien melalui pengkajian triase dan pemberian informasi
menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi serta sistem berbasis
website. Ners yang melakukan praktek telenursing
harus seorang Registered Nurse (RN).
Perawat yang melakukan praktek telenursing
harus bertanggung jawab untuk meyakinkan kemampuan keterampilan keperawatan
mereka dan pengetahuan yang up to date
untuk praktek telenursing mereka.
DAFTAR PUSTAKA
Nasir, Abdulah.
2009. Komunikasi Dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Muslihah. 2009. Komunikasi Keperawatan. Jakarta : Nuha
Medika.
Martono.(2006). Telenursing (Pelayanan Asuhan Keperawatan
Jarak Jauh)
"Alternatif Asuhan Keperawatan Indonesia Menjelang
Indonesia Sehat 2010"
Susan Kay Bohnenkamp, Traditional Versus Telenursing
Outpatient Management of Patients With Cancer With New Ostomi Wikipedia.2007
The Most Important Things to Do in Las Vegas - Goyang FC
BalasHapusThe 유흥업소 사이트 city 하하포커 has the best welcome offers, the best casinos, 유로 스타 사이트 and the best golf courses in Las Vegas. Goyang Golf Club offers a variety bet365 배당 of progressiveworldht.com amenities to make your